member of PT HPAI - Halal Network International (HNI)

member of PT Herba Penawar Alwahida Indonesia - lahirkan pengusaha muslim yang tangguh

Jumat, 08 Maret 2024

3 Waktu Terbaik Minum Kopi

Mengonsumsi kopi di pagi hari banyak dilakukan terlebih sebelum melakukan aktivitas. Tetapi tahukah kamu konsumsi kopi di pagi hari tidak terlalu baik untuk metabolisme tubuh, oleh karena itu penting mengetahui waktu terbaik minum kopi.

Mengetahui waktu terbaik minum kopi merupakan hal penting, karena akan mendapatkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Waktu terbaik minum kopi tak harus di pagi hari karena bisa mengganggu metabolisme tubuh, ini karena kopi memiliki kandungan kafein sehingga harus menyesuaikan ritme sirkadian atau jam biologis. Hal tersebut karena jam biologis berpengaruh pada tidur, makan, hingga mengendalikan hormon kortisol.

Minum Kopi di Pagi Hari untuk Mencegah Kantuk?

Beberapa orang akan mengonsumsi kopi di pagi hari atau siang hari untuk menahan kantuk dan menambah semangat sebelum melakukan aktivitas. 

Secara umum, kopi dikenal sebagai minuman penambah energi bahkan mampu meningkatkan konsentrasi ketika bekerja. Sejumlah manfaat tersebut diperoleh dari kafein yang ada di dalam kopi. 

Selain itu, kopi dikenal sebagai minuman yang mudah dan murah. Kafein yang ada di dalam kopi merupakan zat yang akan larut di dalam air dan lemak yang terserap tubuh. Untuk yang belum tahu, zat tersebut akan membuat tubuh terjaga dengan menempel pada adenosin.

Adenosin merupakan reseptor atau pengirim sinyal di otak, yang bisa memperlambat aktivitas sel syaraf dan pemicu pembuluh darah otak menjadi lebar, sehingga menjadi kantuk. 

Nah, kafein pada kopi yang dikonsumsi akan membuat reseptor adenosin untuk diblokir sehingga rasa kantuk tidak muncul.

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi?

Minum Kopi di Pagi Hari

Waktu terbaik minum kopi yang pertama yaitu pagi hari, tetapi jangan terlalu cepat minum kopi seperti setelah bangun tidur karena saat itu hormon stres kortisol sedang tinggi. 

Untuk yang belum tahu, hormon kortisol bisa meningkatkan kewaspadaan serta fokus. Kortisol juga mengatur metabolisme dalam tubuh seperti sistem kekebalan, dan tekanan darah.

Selain itu, hormon kortisol mengikuti siklus srikandi atau siklus tidur atau bangun kamu, akan meningkat atau mencapai puncak 30-45 menit setelah naik akan turun perlahan-lahan sepanjang hari. 

Oleh sebab itu, waktu terbaik minum kopi di pagi yaitu ketika pertengahan hingga akhir pagi ketika tingkat kortisol Anda lebih rendah. Jika kamu bangun tidur sekitar 06.30 maka kamu bisa mengonsumsi kopi antara 09.30-11.30.

Selain itu, minum kopi setelah bagun tidur  dikhawatirkan terjadi peningkatan kadar kortisol. Peningkatan kadar kortisol dalam waktu lama bisa memicu kerusakan kekebalan tubuh.

Minum Kopi Sebelum Olahraga

Waktu terbaik minum kopi selanjutnya yaitu sebelum melakukan olahraga, sejumlah penelitian menemukan bahwa kafein di dalam kopi mampu menunda kelelahan olahraga.

Selain itu, minum kopi sebelum olahraga dapat meningkatkan kekuatan otot, tetapi kamu perlu memperhatikan waktu konsumsi kopi. 

Untuk hasil yang optimal, maka kamu bisa mengonsumsi kopi 30-60 menit sebelum berolahraga. Waktu tersebut yang dibutuhkan kafein guna mencapai puncak.

Minum Kopi di Malam Hari

Waktu terbaik minum kopi bisa pada malam hari, meski akan meningkatkan kesadaran tetapi bisa memicu masalah tidur dan kecemasan pada seseorang. 

Stimulasi kafein pada kopi akan bertahan 3-5 jam, setengah dari total kafein yang dikonsumsi tetap bertahan pada tubuh selama 5 jam. 

Oleh sebab itu, mengonsumsi kopi di malam hari jangan terlalu dekat dengan waktu tidur karena memicu ganggu tidur. Kamu bisa konsumsi kafein minimal 6 jam sebelum tidur.

KOPI 7 ELEMEN

Jika ingin minum kopi di waktu terbaik dengan cita rasa nikmat maka kamu bisa mengonsumsi Kopi 7 Elemen. Apa sih kopi 7 Elemen itu, yang dikenal sebagai kopi kesehatan?

Kopi 7 Elemen ialah minuman yang terbuat dari kopi dengan 7 elemen tanaman seperti biji, akar, batang, kulit, daun, bunga, dan buah.

Untuk komposisinya sendiri yaitu kopi instan, krimer nabati, gula, gula aren, herba pilihan. Kandung dari Kopi 7 Elemen sangat cocok untuk kamu yang gemar konsumsi kopi tetapi mengalami masalah lambung, karena Kopi 7 Elemen diolah dari bahan alami yang baik untuk kesehatan.

Salah satunya ialah jinten atau habbatussauda. Untuk yang belum tahu jinten hitam memiliki manfaat daya tahan tubuh serta mengatasi peradangan pada tubuh. Selain itu ada juga kayu angin. Kayu angin bermanfaat untuk Astringen, obat sakit perut. antiseptik. Oleh sebab itu, Kopi 7 Elemen sangat aman dikonsumsi terutama untuk penyandang gangguan perut. 

Jika kamu ingin merasakan manfaat langsung Kopi 7 Elemen bisa mendapatkannya melalui agen terdekat dengan rumah atau di komunitas kami di Facebook dan Toko Online Resmi HNI.

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Revolusi Pasar Muslim 2.0

DALAM buku saya #GenM ”Generation Muslim” (Bentang, 2017), saya menyebut revolusi pasar hijab dan kosmetik halal sejak 2010 sebagai momen...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors