member of PT HPAI - Halal Network International (HNI)

member of PT Herba Penawar Alwahida Indonesia - lahirkan pengusaha muslim yang tangguh

Sabtu, 24 Februari 2024

4 Cara Meredakan Nyeri Otot Secara Alami Di Rumah

Bagaimana cara meredakan nyeri otot yang mengganggu aktivitas? Nyeri otot sendiri bukan sebuah gangguan penyakit yang ada dalam tubuh. 

Penyebab nyeri otot sendiri yang paling umum yaitu tubuh salah melakukan gerakan sehingga memicu cedera otot, tak perlu khawatir kamu melakukan beberapa cara untuk meredakan nyeri otot. 

Meredakan nyeri otot bisa dilakukan sejumlah cara, jika terjadi pada intensitas ringan maka kamu bisa mengatasi di rumah dengan sejumlah langkah. 

Nyeri otot sendiri dikenal juga dengan istilah myalgia yang kerap muncul di beberapa bagian tubuh seperti otot punggung, leher, lengan, paha, atau betis.

Oleh sebab itu, artikel ini akan mengulas mengenai cara meredakan nyeri otot di rumah dengan mudah dan murah, apa saja? Yuk, kita cari tahu. 

Penyebab Nyeri Otot

Sebelum membahas cara meredakan nyeri otot, kita akan mengulas penyebab nyeri otot itu sendiri yang kerap dialami seseorang. Seperti yang dijelaskan diawal, penyebab nyeri otot sendiri dipicu salah gerakan atau penggunaan otot melebihi batas ketika beraktivitas, tetapi bukan hanya itu saja, karena bisa juga dipicu oleh beberapa penyakit.

  • Terjatuh, terbentur, atau mengalami sebuah insiden seperti kecelakaan atau lainnya. 
  • Ketika melakukan olahraga tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu. 
  • Postur tubuh yang kurang baik ketika melakukan aktivasi seperti duduk lama dan dalam posisi tidak tegak.
  • Fibromyalgia, Untuk yang belum tahu, Fibromyalgia merupakan penyakit yang memicu nyeri pada seluruh tubuh. 
  • Dystonia Secara umum penyakit ini merupakan kontraksi otot yang tidak terkendali. 
  • Terjadi penyumbatan darah, penyebab nyeri otot selanjutnya bisa dikarenakan adanya penyumbatan pada aliran darah hingga ke tungkai yang disebabkan oleh arteri perife.
Cara Meredakan Nyeri Otot

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebab nyeri otot yang dialami, selanjutnya kita akan membahas tentang cara meredakan nyeri otot secara sederhana yang bisa dilakukan di rumah, tetapi diketahui dahulu penyebab nyeri otot, jika disebabkan oleh penyakit tertentu maka kamu harus berkonsultasi ke dokter.

Peregangan

Meredakan nyeri otot di rumah bisa dengan melakukan peregangan kecil, kamu bisa melakukannya di mana saja. Jika otot semakin lentur atau lemas maka akan mengurangi risiko kaku yang memicu nyeri otot pada bagian tubuh tertentu.

Kompres Air Dingin

Meredakan nyeri otot di rumah bisa dengan melakukan kompres menggunakan air dingin atau es batu pada bagian tubuh yang nyeri. 

Air dingin bisa mengurangi risiko aliran darah ke otot yang memicu nyeri, sehingga peredaran darah yang memicu rasa nyeri terhenti. Kompres bagian nyeri otot selama 15–20 menit.

Pijat

Kamu juga bisa meredakan nyeri otot dengan melakukan pijatan pada bagian tubuh yang nyeri, hal tersebut bisa merangsang sel otot agar menyuplai banyak energi. Hal tersebut bisa pulih lebih cepat, tetapi pastikan lakukan pijatan dengan tepat, karena jika salah bisa memicu syaraf kejepit.

Konsumsi Air Putih

Meredakan nyeri otot tanpa obat atau ke rumah sakit bisa dengan mengonsumsi air putih secara rutin pada setiap harinya. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh akan meredakan otot nyeri, karena air yang diminum akan menyebar ke seluruh tubuh.

Hal tersebut sangat baik untuk mengurangi peradangan, membuang racun,  hingga mensuplai nutrisi. Kamu bisa memenuhi kebutuhan air setiap harinya 2 liter sehari atau 8 gelas air, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Minyak Herba Sinergi

Meredakan nyeri otot bisa dengan menggunakan Minyak Herba Sinergi atau MHS. Untuk bahan yang terkandung dalam Minyak Herba Sinergi yaitu Virgin coconut oil, rimpang kencur, bratawali, kayu manis, sambiloto. 

Kencur merupakan salah satu bahan di dalam Minyak Herba Sinergi yang mempunyai kandungan ekstrak metanol.  Kandungan tersebut akan menunjukkan efek antinosiseptik atau menurunkan sensitivitas terhadap rangsangan rasa sakit, sehingga bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot. 

Minyak Herba Sinergi juga memiliki kandungan cengkeh yang mempunyai kandungan eugenol sebagai antiseptik. Kandungan eugenol sangat baik untuk menyembuhkan luka di kulit, sehingga bisa digunakan pada luka-luka memar atau lainnya. 

Nah itu tadi, penjelasan singkat terkait komposisi dan kandungan yang terdapat dalam Minyak Herba Sinergi yang baik untuk kesehatan. 

Jika kamu ingin menggunakan Minyak Herba Sinergi ini cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak pada bagian nyeri otot dan dipijat pelan-pelan. 
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Revolusi Pasar Muslim 2.0

DALAM buku saya #GenM ”Generation Muslim” (Bentang, 2017), saya menyebut revolusi pasar hijab dan kosmetik halal sejak 2010 sebagai momen...

Find Us on Facebook

Arsip Blog

Do Before You Die

Do Before You Die

Visitors